/

Thursday, October 31, 2019

Panduan untuk membuat lamaran kerja yang benar

Panduan untuk membuat lamaran pekerjaan- pekerjaan merupakan suatu hubungan antara dua pihak antara perusahaan (pemilik usaha) dan pekerja/karyawan. Untuk menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan pasti memiliki kriteria sendiri. Ketika kriteria itu ada pada diri anda,pasti ada rasa keinginan untuk melamar pekerjaan tersebut. Tapi anda tidak tau bagaimana caranya untuk melamar pekerjaan itu dan apa saja persyaratan yang harus anda bawa ketika melamar pekerjaan tersebut. Untuk itu anda harus tau apa saja yang harus di bawa ketika melamar pekerjaan.



Di artikel kali ini,saya akan memberikan panduan mengenai apa saja yang harus di persiapkan untuk melamar pekerjaan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melamar suatu pekerjaan di perusahaan.

1. Menyiapkan surat lamaran
       Hal pertama yang harus anda buat adalah surat lamaran. Surat lamaran merupakan surat pengantar yang melekat atau menyertai dokumen lainnya. Ketika anda akan melamar di sebuah instansi atau perusahaan mana pun pasti anda harus menyiapkan surat lamaran pekerjaan. Karena di dalam surat lamaran pekerjaan ini,ada data diri tentang diri anda,alamat anda serta dokumen-dokumen lainnya yang anda lampirkan di surat lamaran ini. Bagaimana sih cara membuat surat lamaran? Mungkin bagi kalian yang baru lulus smk,masih belum paham cara penulisan surat lamaran dan masih bingung serta takut salah ketika membuat surat lamaran. Disini saya juga akan membagikan cara penulisan surat lamaran yang baik dan benar. Di bawah ini merupakan langkah-langkah cara membuat surat lamaran pekerjaan:

1. Tempat dan tanggal penulisan surat,nama perusahaan dan alamat.
2. Salam pembuka dan isi surat.
3  Biodata singkat.
4. Prestasi dan promisi diri
5. Dokumen yang terlampir.
6. Penutup.
7. Nama dan tanda tangan.




2. Membuat daftar riwayat hidup atau curriculum vatae (CV)

        Daftar riwayat hidup atau curriculum vitae (cv) adalah informasi yang berisi mengenai calon pelamar pekerjaan. Daftar riwayat hidup merupakan salah satu berkas yang wajib di lampirkan. Karena di dalam daftr riwayat hidup ini terdapat berbagai informasi tentang calon pelamar kerja. Daftar riwayat hidup berisi tentang biodata data pelamar pekerjaan,pendidikan,pengalaman pekerjaan,kemampuan dan kursus atau pelatihan.




3. Dokumen- dokumen yang di lampirkan

       Dokumen-dokumen yang di lampirkan di surat lamaran pekerjaan meliputi pas foto,fotokopi KTP,fotokopi NPWP,fotokopi kartu keluarga,fotokopi akte kelahiran,fotokopi SKCK,fotokopi surat keterangan dokter,fotokopi kartu kuning,fotokopi ijazah,fotokopi SKHUN,fotokopi transkip nilai,fotokopi paklaring (sertifikat pengalaman pekerjaan) dan fotokopi sertifikat lainnya. Dokumen- tersebut biasanya di satukan dengan surat lamaran kerta dan daftar riwayat hidup.





Setelah selesai menyusun semua yang di perlukan untuk melamar pekerjaan. Maka selanjutnya adalah memasukannya ke dalam amplop coklat. Di amplop coklat pun harus ada nama dan alamat pelamar,posisi yang di lamar dan alamat perusahaan. Lihat gambar di bawah ini



Demikian artikel yang saya buat. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment